PT. Green Energi Indotama

Keuntungan PJU Tenaga Surya

Lampu PJU Tenaga Surya adalah penerangan jalan umum dimana daya listrik untuk lampu disuplai oleh sistem mandiri yang diperoleh dari energi matahari. Banyak istilah PJU Tenaga Surya yang dipakai, ada yang menyingkatnya dengan istilah PJUTS, ada juga yang menyebut dengan istilah PJU Solar Cell.

Berikut adalah keuntungan PJU Tenaga Surya.

  1. Ramah lingkungan dan bebas polusi.
    • Sistem listrik tenaga surya secara umum tidak memberikan konstribusi terhadap perubahan iklim di bumi. Ini dikarenakan sistem listrik tenaga surya tidak memancarkan gas rumah kaca yang berbahaya seperti karbon dioksida. Selain itu sistem listrik tenaga surya juga tidak menyebabkan polusi suara (tidak berisik).
  2. Sumber energi melimpah yang tak terbatas.
    • Energi yang digunakan atau dimanfaatkan oleh sistem tenaga surya adalah energi alternatif yang melimpah (sinar matahari). Matahari adalah sumber energi yang tidak terbatas. Dalam konteks Indonesia sebagai negara yang berada di garis khatulistiwa, matahari bersinar sepanjang tahun sehingga energi dari matahari ini selalu tersedia kapan saja dan dimana saja di wilayah Indonesia.
  3. Tidak tergantung jaringan PLN.
    • Suplai daya yang dihasilkan mandiri sehingga tidak tergantung pada jaringan listrik konvensional (PLN). PJU yang satu ini tidak akan berpengaruh jika ada masalah di jaringan listrik PLN yang menyebabkan pemadaman. Dengan kata lain PJU yang satu ini tidak membutuhkan adanya jaringan listrik PLN. Ini menjadi keuntungan utama karena sesuai dengan namanya, PJU seharusnya tetap menerangi lokasi dimana ia dipasang karena penerangan tersebut melayani kepentingan umum. Kepentingan umum dimaksud dapat berupa keamanan dan kenyamanan kelompok masyarakat yang ada di lokasi maupun kelompokmasyarakat yang sedang/akan melewati lokasi tersebut.
  4. Tidak ada biaya listrik PLN yang dibayarkan.
    • Karena merupakan sistem mandiri yang tidak tergantung dengan jaringan PLN tentunya akan mentiadakan biaya penggunaan listrik PLN. Sebagai informasi, penerangan jalan umum yang ada dengan menggunakan jaringan listrik PLN bukanlah fasilitas gratis yang diberikan oleh PLN. Penggunaan PJU diperhitungkan PLN dan harus dibayarkan oleh pemerintah daerah setempat. Untuk kepentingan pembayaran itu, pada lembar tagihan listrik bulanan akan tertera komponen penerangan jalan umum sebagai salah satu yang harus dibayarkan. Atau jika menggunakan listrik prabayar, maka komponen PJU sudahdiperhitungkan dalam harga per KWH yang dtetapkan yang membentuk harga voucher/token listrik prabayar.
  5. Dapat dipasang dimana saja.
    • Sifat mandiri dari jaringan listrik PLN menjadikan keuntungan terbesar PJU ini. Dengan kemandirian tersebut, maka PJU Tenaga Surya
      dapat dipasang dimana saja selama Panel Surya sebagai penangkap sinar matahari
      tidak terhalangi oleh bayangan benda apapun. Untuk jalan-jalan lintas yang tidak sejajar dengan jaringan distribusi PLN, maka PJU ini menjadi pilihan yang rasional.
  6. Usia pakai yang sangat panjang.
    • PJU Tenaga Surya mengadopsi semangat efisiensi energi sehingga salah satu faktor utama dan menjadi keuntungan PJU ini adalah usia pakai yang cukup panjang sehingga tidak memberatkan dalam operasional terutama perawatan rutin. Sebagai contoh, panel surya rata-rata memiliki usia pakai sampai dengan 25 tahun dengan degradasi efisiensi hanya 10%. Contoh lainnya adalah penggunaan lampu LED yang usia pakainya sampai dengan 50.000 jam atau jika PJU menyala selama 10 jam sehari, maka usia pakai maksimum lampu LED ini bisa mencapai lebih dari 13 tahun. Bandingkan dengan penggunaan lampu gas konvensional yang masih banyak digunakan PJU saat ini.
  7. Perawatan rutin yang minimal.
    • PJU Tenaga Surya sangat minim perawatan, adapun perawatan PJU Tenaga Surya akan sangat tergantung pada kondisi lokasi dan pemilihan komponen utama yaitu baterai yang digunakan.

Post A Comment

WhatsApp WhatsApp Us!
Secured By miniOrange